Sabtu, 01 September 2018

Malaysia 2018 1.0

Yaps setelah sekian lama meninggalkan blogger karena terlanjur nyaman dengan Tumblr, akhirnya gue balik lagi ke laman ini.

Iya, maaf sebelumnya, alasan gue kembali adalah karena semakin hari, gue makin sulit aja buat akses Tumblr yang kemarin sempat di blokir sama pemerintah.

Oke, jadi sebelumnya, sekarang udah 2018. Oh well, sudah 2 tahun yang lalu laman ini sepi dari post mengingat terakhir kali gue post adalah tahun 2016 atau jaman maba. Dan sekarang gue udah jadi mahasiswa tingkat akhir yang besok Senin udah masuk semester 7 :)

Time flies, of course. Dari jaman gue galau UTS Perdana (lol gue abis re-read postingan yang jadul itu), galau sama kisah percintaan gue yang setelah gue pikir-pikir gue emang bodoh banget ya saat itu hingga sekarang gue yang.......yaudah gini-gini aja cuma bedanya gue udah lama banget gak galau masalah percintaan lagi wkwk.

xxx

Jadi, liburan semester genap kemarin selama 3 bulan, hampir seluruhnya gue habiskan dengan magang wajib di salah satu kantor konsultan perpajakan di daerah Tanjung Barat. Seru sih, cuma gue kangen liburan aja :(

Gue sering nyeletuk tentang liburan sama beberapa temen gue, hingga akhirnya, 3 minggu sebelum hari terakhir magang, salah seorang temen gue yang sebut saja namanya Iffa bilang,
"Gue mau ke Malaysia nih sama temen gue abis magang" disitu gue rada kaget karena perasaan dia wacana mau ke Negeri Jiran itu liburan semester depannya lagi.
G : "lah kata lu semester depan"
I : "gajadi nih karna ada T**Pay jadi kita bisa nyicil gitu biaya tiketnya. Lu mau ikut de? tapi belom jamin juga di accept sih sama T**Pay nya.
Karena gue emang mau banget liburan gue asal aja jawab, "eh iya ikut dong gue"

Singkat cerita, kita (Gue, Iffa dan temennya) akhirnya berangkat sabtu dini hari tanggal 25 Agustus, tepat sehari setelah magang terakhir, tapi tanpa T**Pay karena permohonan kita gapernah ada yang di accept even pake identitas orang tua. Jadi emang dengan modal nekat, duit secukupnya, dan gmaps, kita akhirnya berangkat.

Gue excited banget sama perjalanan kali ini karena gue khususnya, perdana naik pesawat dan perdana ke luar negeri! Gue kaya udah bodo amat mau kemana disana, makan apa, tinggal dimana yang penting gue naik pesawat dan paspor gue berguna wkwkw. Untunglah ada temannya Iffa ini, yang sebut saja namanya Vanda, baik banget bikin itinerary hingga estimasi uang yang harus kita bawa. Kita bertiga ini bener-bener cuma mengandalkan internet karena belum pernah ada yang ke Malaysia khususnya KL samsek. Tapi mending lah mengingat ini 'cuma' di Malaysia yang mana bahasanya masih melayu juga.

Iffa dan Vanda nyampe bandara sekitar jam 12 malem dengan kereta Bandara sementara gue nyusul karena masih ada urusan di kantor dan BELOM KELAR PACKING daebak. Gue nyampe sekitar jam 2an dan masih sempet tidur bentar karena boarding jam 04.00 subuh. Gue gabisa menggambarkan perasaan gue saat itu tapi maaf norak banget, tapi gue seneng:(. Yaudah akhirnya kita terbang jam 5an dan nyampe jam 8 waktu Malaysia, karena lebih cepet 1 jam dari Jakarta.

Sesampainya di KLIA2, kita mampir dulu ke toko beli simcard, ngambil uang di ATM, makan di KFC (tetep ya) dan langsung nyari bus ke KL Sentral, karena cuma itu alternatif transportasi yang paling murah karena cuma RM12. Untuk ke KL Sentral itu dengan bis menempuh waktu +- 45 menit yang mana gue habiskan dengan tidur karena ngantuk beb baru tidur bentar dan gue karena terlalu excited di pesawat jadi gabisa tidur:(.

Sesampainya di KL Sentral, kita langsung nyeberang dikit ke pusat perbelanjaan NU Sentral buat beli Touch n' Go, semacam e-money gitu dah yang bisa digunain buat naik LRT, MRT, toll, belanja dsb. Masing-masing dari kita beli dengan harga RM20 yang mana udah include saldo RM10. Kenapa ga pake cash aja? Kalo dari katanya Vanda, disini justru kalo pake cash harga ongkosnya jadi lebih mahal. Jadi lebih praktis juga kalo kita cashless aja. Trus karena bingung abis itu mau kemana karena udah cukup lelah geret-geret koper, akhirnya kita memutuskan buat caw ke hostel yang udah kita pesen di daerah Bukit Bintang. Akhirnya dari NU Sentral kita balik lagi ke KL Sentral buat naik LRT ke Pasar Seni dan lanjut MRT ke Bukit Bintang-Pavillion. Oiya sebelumnya, jadi KL Sentral itu mirip kaya terminal gitu si, jadi disitu ada pemberhentian bis yang ke KLIA, shuttle bus, Stasiun LRT, Stasiun KL Ekspres, Stasiun KL Transit, MRT dan nyambung juga buat ke hotel hilton dan pusat perkantoran. Dari sini, gue udah mulai suka sama sistem transportasinya Malaysia, khususnya di KL ini.

Total ongkos LRT dan MRT (yang emang udah terintegrasi dan nyaman bgt buat geret-geret koper) dari KL Sentral ke Bukit Bintang pun cuma RM1.70 atau sekitar 6000an kali ya. Dari stasiun MRT ke tempat hostel kita pun nggak jauh-jauh banget dan kawasannya asik buat yang suka belanja karena deket pavillion dan dipinggir jalan banyak banget toko-toko macem sephora, uniqlo dll. Untunglah, walaupun belum jam 2 siang, tapi kita udah bisa check-in. TAPI ternyata family room yang kita pesen masih di book orang sehingga kita dikasih kamar yang buat 2 orang, tapi 2 kamar :(. Disitu gue rada sebel aja padahal udah book dari 3 minggu yang lalu. Tapi yaudahlah, ya walaupun 2 kamar tapi kita semua tetep sekamar si karena gada yang berani sendiri wkwk

xxx

Setelah istirahat bentar, sekitar jam 4, kita caw ke KLCC. Kita tadinya bingung mau naik apa, tapi akhirnya baru tau kalo di Pavillion ada SkyBridge gitu sampe KLCC jadi tinggal jalan aja. Walaupun lumayan pegel jalannya, tapi enak aja karena gaperlu khawatir nyeberang ada mobil karena ya kan sistemnya jembatan gitu dan nembus(?) gedung jadi lebih ringkas aja dibandingkan kalo jalan di jalanan normal. Sesampainya di KLCC, untuk melihat that so called Petronas Twin Tower itu, kita ngelewatin Aquaria, semacam Jakarta Aquarium di Neo Soho dan KLCC Park. Nyaman si tapi panas banget ya mirip lah sama sini. Mau foto pun susah karena silaw akhirnya kita mutusin buat makan sore merangkap malem di Suria KLCC, pusat perbelanjaan yang berlokasi dibawah Petronas Twin Tower itu. Ga dimana mana karena budget cuma dikit, kita akhirnya bertemu kembali dengan nasi lemak yang lumayan cuma RM6.9-an. Setelah makan, sambil nunggu diluar gelap alias maghrib yang baru adzan jam setengah 8 malem itu, kita malah ngider-ngider di dalem mall. Beli coklat, beli garret, dan kebanyakan si cuma ngeliat-ngeliat aja. Meskipun begitu, ternyata duit gue juga kebanyakan abis di hari pertama ini!! Gue baru nyadar setelah gue belanja beberapa barang dan langsung pusing besok kalo harus makan nasi lemak lagi.

Sore menuju maghrib langsung aja kita duduk-duduk chill gitu di taman seberang Suria KLCC. Hingga akhirnya matahari menuju peraduannya, gedung Petronas makin cakep aja karena lampunya udah pada mulai nyala dan ternyata karena itu malem minggu juga, ada pertunjukkan air mancur disana kaya di bunderan HI. Satu yang gue sadari waktu gue duduk-duduk di taman ini; bener banget kalo kota ini motto-nya city of diversity. Ok well gue belom pernah ke Singapura atau negara lainnya, cuma jika dibandingin dengan Jakarta yang konon katanya banyak penduduknya, disini  kontras banget perbedaan suku bangsanya. China banyak, India banyak, Melayu banyak, Barat banyak. Bahasanya juga beragam dan itu ga cuma gue temuin di satu atau dua tempat.

Selepas chilling di taman sambil bengong, akhirnya kita pun otw ke masjid buat sholat maghrib dan isya lalu otw balik ke hostel (dengan jalan kaki lagi karena GOKL atau bis shuttle gratis itu penuh banget beb dan lama)