Rabu, 14 Agustus 2013

Photography, why I'm interested at?

Hm. Kenapa ya gue tertarik sama hal yang berbau fotografi?
Awalnya, seperti kehidupan remaja era.....ng? 2009-an gue suka foto-foto. Tentu saja, kalian pasti tau siapa objeknya-_-. Tapi, kadang juga gue juga suka aja ngeliatin pemandangan--ya, gua suka landscape photography--yang kayaknya beda aja. Tapi sayangnya, gue males men-capture-kan kedalam lensa, karena kadang, disaat ada pemandangan bagus, disaat itu pula gue nggak bawa gadget atau apapun yang bisa digunakan buat foto. Sebenernya, dari dulu gue belum menamai atau mengklaim bahwa gue suka sama bidang yang satu ini. Karena dulu zaman sd-smp perhatian gue masih tersedot ke arah fashion. Ya, gue pengen jadi designer saat itu. Dan saat itu pulalah gue melihat banyak kamera berseliweran memfoto objek yang melenggak-lenggok memakai baju dengan rancangan yang sumpah-keren-banget. Gue pun sempet berfikir, enak kali ya bisa jadi photoghrapher keren.
Nah, selain gue suka melihat photoghrapher yang berseliweran di pinggir-pinggir catwalk, gue juga suka sama foto hasil national geographic. Alami. Dan keren banget. Gue pengen banget bisa men-capture hewan dan pemandangan se-alami kaya mata kita yang men-capture-kan. Dan sejak saat itu, gue pengen punya kamera DSLR. 
DSLR. Kamera yang lagi nge-trend saat itu di kalangan remaja karena nggak jarang gue ngeliat anak seumuran gue nenteng-nenteng kamera gituan. Kesannya gaul abis. Tapi, ya gue nggak lihat dari sisi gaulnya--meskipun sepintas iya--tapi gue pengen belajar ilmunya juga. Ya, percuma aja iya nggak sih kalau misalnya kita punya kamera sebagus itu dan kita makainya cuma buat foto objek narsis? Walaupun kadang gue suka men-capture muka teman-teman gue dalam keadaan mereka nggak tau kalau mereka gua foto. And, they looked so beautiful naturally. I thought. 
Gue pernah bilang sama ayah dan ibu, kalau gue mau beli kamera itu. Mereka kira, gue cuma mau ikut-ikutan sama anak-anak lain yang lagi heboh-heboh ngomongin kamera 'gede' itu. Tapi, ya, gue bilang aja, gue pengen belajar fotografi. Awalnya ibu nggak ngizinin, but dad give me a challange. Katanya, kalau gue bisa masuk IC, sekolah berasrama dengan title 'MAN' yang berada di Serpong itu, gue bakal dibeliin. "Ayah janji," kata ayah. Plash, gue yang nggak mau masuk IC saat itu langsung ngerasa "oh-God-why". Gue ya, minta keringanan lah, masa masuk IC aja dibeliin gitu, kalo masuk SMA unggulan di Jakarta juga dong! Tapi ayah gamau, katanya ya, intinya beliau nyuruh gua nyoba tes aja. Diterima atau nggak, nolak atau nggak urusan belakangan. Jadi?-_-
Untung ada om gue yang beliau baik juga ngajarin gue teknik-teknik fotografi. Dengan kamera canon eos 600 d dan lensa-yang-gue-nggak-tau-jenis-nya-apa, gue nyoba buat foto landscape yang ada di puncak (kebetulan lagi di puncak). Gue nunjukkin ayah hasilnya dan masih merengek minta dibeliin kamera DSLR. Dan beliau kembali menantang gue, "masuk IC dulu, baru dibeliin". What the-_-
Ya, awalnya gue masih nggak mau masuk IC, tapi....ujung-ujungnya gue daftar juga. Gue ikut tes tulis dan pas itu juga sepupu gue nikahan. Rasanya pengen ngebatalin tes di IC dan kumpul bareng keluarga disitu aja. Lumayan, men, tesnya sampai jam 5. Makanan enaknya keburu habis:( Yak, dan akhirnya gue ikut tes juga.
Habis tes, gue antara bingung kalau diterima atau nggak. Sejujurnya gue masih pengen masuk SMA. Yang sebenernya alesan gue masuk SMA juga cemen banget, gue nggak mau ketemu bahasa Arab-_- whatthe.
Tapi ujung-ujungnya gue daftar cadangan di MAN 4, gara-gara nem hoax yang nyebabin gue pesimis juga dengan nilai UN gue. Dan, 28 Mei 2012......
I just knew that i've passed the test! Gue lolos seleksi tulis. Gue langsung telefon ayah gue yang lagi rapat, dan dia kira gue bohong-_-. Dan tepat saat itu gue bingung. Bingung antara mau milih dan nggak. Tapi, karena ngeliat ayah dan ibu gue yang udah seneng banget, gue akhirnya nerima. Sebenernya alesan gue bukan karen DSLR bukan. Gue lebih prefer, kalo ya seenggaknya dengan masuk IC ini, gue bisa membuat mereka bahagia walaupun gabisa balas budi lebih ke mereka. AND I GOT MY CAMERA. Tepat itu beberapa hari sebelum gue berangkat ke IC.
Dan sampe sekarang, itu kamera masih sama gue. Bareng gue. Nge dokum bareng. wkwk. Dan, gue kelas XI sekarang. Gue milih seni fotografi. Tapi gue galau, gue masih pengen lukis. Mungkin, gue bisa belajar fotografi autodidak dengan buku atau belajar sama om? Ya gue gatau. Gue suka fotografi, tapi gue suka lukis. Dan entah kenapa, gue masih pengen seni lukis. Halah-_-
Photo marathon pas I-Fun 1434 H. Tapi gamenang:| wkwk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar