Kamis, 13 Agustus 2015

T-T

Disaat yang lain sedang sibuk tugas psaf, opk atau mabim atau ospek fakultas, disini gue merasa gabut sendiri. Belum ada tugas, belum isi irs, masih ngambang mau ngapain juga.

Karena bosen (asik bosen), gue cuma mau cerita tentang hari ini yang menurut gue... gitu dehTT.

Hari ini gue (masih) OBM. Jadwal hari ini kebetulan CL atau collaborative learning di FMIPA. Sebelum itu gue sempat bertanya ke beberapa anak adr-ui yang sudah melewati jadwal CL. Dan rata-rata jawaban mereka; "asik kok de" "gabut kalo aku mah" "ya kaya di ic aja gitu".
Emang sih, waktu pertama kali baca-baca modul tentang CL di kereta, pikiran gue langsung terbang ke presentasi ekonomi. Bu Ifat dan Bu Har:').

Kepo CL atau collaborative learning itu apa? Hahahahahahaha baca aja modulnya hahahahahaha.
Gak deng. Jadi collaborative learning adalah sistem pembelajaran tentang suatu hal yang dilaksanakan secara bersama dalam suatu kelompok. Tujuannya agar kita bertanggung jawab tentang informasi yang akan kita sampaikan. Masih bingung mana presentasi ekonominya?
Nah, dalam CL ini dikenal beberapa metode. Metode yang paling terkenal adalah metode Jigsaw. Dalam metode Jigsaw, kita diibaratkan sedang menyusun sebuah puzzle dengan media Focus Group (FG) dan Home Group (HG).Nanti tiap mahasiswa akan dikelompokkan ke dalam tiap FG dan fasilitator akan memberikan sub materi berbeda yang akan dibahas. Di dalam FG itu nanti, tiap mahasiswa akan dibagi bagiannya, mencari informasi dan menyatukan informasi. Kemudian, tiap perwakilan FG akan dikelompokkan menjadi sebuah HG. Di dalam HG itu, tiap perwakilan FG menyampaikan apa yang telah didiskusikan sebelumnya di FG. Inget juga ya, harus sesuai dengan salah satu prinsip 5 elemen CL; individual accountability (rasa tanggung jawab suatu anggota atas anggota kelompok yang lain). Kemudian presentasi.

NAAAAAH. inget kan? makanya pertama kali liat simulasinya, jadi kangen pelajaran ekonomi sama bu Ifat dan bu Har:') mirip ngets.

Tapi....entahlah gue cukup sedih dengan diri gue pada hari iniTT. Karena gue masih belum mengambil peran aktif pada saat diskusi dan masih menjadi dea yang introvert. Entah karena gue yang emang dasarnya gabisa public speaking atau karena ini masih dengan orang-orang baru.

atau kayaknya memang gue penderita demam panggung yang berkepanjangan sejak SD.

Tapi gue sedih, karena gue nggak bisa terus-terusan beginiTT gue mau ngomong.... serius. Tapi entah mengapa tiap mau ngomong, gue malah gabisa ngomong.


AAAAAAAAAAAA PLIS TELL ME GIMANA CARANYA PS YG GAK GROGI T-T
sudahlah. terimakasih:)

1 komentar: